Minggu, 10 April 2011

ANDROPAUSE



Andropause apakah sama dengan menopause ? hal tersebut sering jadi pertanyaan, namun dikalangan masyarakat umum hal itu sering dianggap sama, namun sebenarnya ada perbedaan dimana menopause memang suatu hal yang tidak dapat dihindari bagi kaum, wanita karena merupakan siklus dari tubuh sedangkan andropause dapat dihindari oleh kaum pria dengan menjaga pola hidup yang lebih teratur.

Penyebabnya

Penyebabnya selain dikarenakan bawaan juga yang paling sering karena pola hidup yang salah seperti, pola makan tidak teratur, merokok, tidak pernah olahraga, minum minuman keras dan yang paling banyak adalah karena stress. Andropause tidak mengenal batasan umur namun pada umumnya pada usia 40 - 50 tahun. Gaya hidup yang tidak sehat tadi mengakibatkan penurunan pada hormon pertumbuhan pada pria seperti, hormone melatonin dan hormone pembentuk testoteron, penurunan hormone testoteron itulah yang menyebabkan Andropause terjadi pada pria.

Gejala – gejalanya

Gejala umum yang biasanya dialmami adalah, tulang menjadi lebih rapuh, kesehatan, fisik, mental, atau psikis menurun, serta perasaan cepat lelah. Namun gejala - gejala tersebut juga ada pada beberapa penyakit, oleh sebab itu disarankan agar memeriksakan ke dokter untuk memastikan apakah benar terkena andropause.

Kiat Menangkal Andropause. Andropause memang dapat dihindari dan sangat berbeda dengan menopause, untuk menghindarinya ada beberapa tips sebagai berikut.
  • Menghindari stress
  • Rajin berolahraga
  • Mengkonsumsi makanan yang bernutrisi seimbang
  • Tidur secara teratur
  • Menghindari minuman beralkohol
  • Menghindari rokok dan zat adiktif lainnya
Bagi pria yang berusia diatas 40 tahun minimal 1 tahun sekali melakukan general check up

Tidak ada komentar:

Posting Komentar