Jumat, 29 April 2011

Liburan Sehat Liburan Nyaman

http://www.hajiubedsehat.com

Hal yang paling tidak mengenakan ketika berlibur adalah mungkin saat Anda jatuh sakit. Bukan kerjaan yang di dapat tapi malah kekesalan. Agar kejadian tersebut tidak menimpa Anda, cermati beberapa tips berikut ini.
Kemas semua obat-obatan yang Anda butuhkan dengan wadah dan kemasan aslinya ke dalam tas yang mudah dibawa. Selain menjaga agar tidak tercecer ataupun rusak, Anda dengan mudah dapat mengingat kegunaan, cara pakai serta dosis obat yang tertera pada kemasan. Selain itu dalam keadaan darurat, dengan mencermati kandungan dari obat-obatan tersebut, Anda dapat menggunakannya untuk menyembuhkan sakit yang berbeda, misalnya, jika kaki Anda tergores batu karang tajam saat berenang di pantai, Anda dapat segera membuka kapsul antibiotik dan membubuhkan isinya pada luka tersebut. Atau mintalah pada dokter Anda untuk menuliskan beberapa hal berikut seperti, riwayat pengobatan Anda dari dahulu hingga yang terbaru dan bagaimana cara penanganannya; nama obat-obatan (termasuk nama generik) yang harus Anda konsumsi, dosisnya, dan kapan serta bagaimana menggunakannya (misalnya, harus dengan jarum suntik) selama perjalanan. Dengan memiliki semua informasi tersebut memastikan Anda mendapat perawatan medis yang tepat dalam keadaan darurat.
Bila Anda berpergian melewati zona waktu yang berbeda, tanyakan pada dokter tentang kapan waktu yang tepat untuk mengkonsumsi obat Anda. Tanyakan pula bila ada makanan yang harus dihindari selama berlibur yang bersifat kontradiksi terhadap obat yang tengah Anda minum.
Jangan lupa untuk melakukan vaksinasi ulang jika Anda berencana untuk berlibur keluar negeri. Tanyakan pada dokter ataupun perwakilan negara tujuan ditempat Anda tentang vaksinasi yang harus dilakukan sebelum berkunjung. Dalam beberapa kasus seperti bila ingin mengunjungi negara-negara di benua Afrika, Anda harus melakukan vaksin selambat-lambatnya enam minggu menjelang keberangkatan.
Perlindungan terhadap infeksi. Cucilah selalu tangan Anda dengan menggunakan pembersih anti-kuman berbahan dasar alkohol, terutama sekali setelah melakukan perjalanan dengan pesawat, kereta api atau bis yang penuh sesak, dan juga sebelum makan. Jangan lupa juga untuk minum sedikit air namun rutin selama dalam perjalan dengan pesawat karena udara dalam kabin pesawat terasa kering.
Lindungi diri Anda dari Deep-Vein Thrombosis, yaitu suatu kondisi dimana terjadi pembekuan darah dalam pembuluh vena (biasanya terjadi pada kaki) dan dapat menghambat aliran darah. Duduk dengan waktu yang lama dalam pesawat atau kereta api dapat menyebabkan DVT, namun dengan memakai kaus kaki panjang hingga dengkul atau stocking dapat membantu mencegah kondisi berbahaya tersebut.

http://www.hajiubedsehat.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar