Minggu, 01 April 2012

BEKATUL, Luar Biasa Manfaatnya


Bekatul untuk Kesehatan
Bekatul atau juga di sebut Rice Bran adalah bagian luar atau kulit ari beras yang merupakan hasil sampingan dari proses penggilingan padi yang kaya akan vitamin B15 atau asam pangamik (Pangamic Acid). Dibandingkan dengan beberapa jenis tanaman lain, bekatul yang berasal dari tanaman padi ini memiliki kandungan vitamin B15 paling tinggi yang berguna sebagai penyempurna proses metabolisme di dalam tubuh kita.
Bekatul secara umum mengandung protein, mineral, lemak (asam lemak esensial), Phytosterols, Polyphenols, Phospholipids, Beta-sitosterol, Co-Enzyme Q10, Omega 3 Fatty Acids, Omega 6 Fatty Acids dan Oleic Acid, dietery fibres (serat pencernaan), vitamin E Complex (Tocopherols, Tocotrieanols, Gamma-oryzanol), vitamin B Complex yakni B1 , B2, B3, B5, B6 dan Vitamin B15/Vital antioksidan serta nutrisi penting lain yang memiliki khasiat luar biasa sebagai penangkal penyakit-penyakit degeneratif berdasarkan pengalaman Dr. Liem dalam mengobati pasiennya selama 30 tahun seperti :
 1. Diabetes Mellitus (kencing manis)
 2. Hypertensi (tekanan darah tinngi)
 3. Hypercholesterolaemi (kadar kolesterol tinggi)
 4. Arteriosclerosis (pengapuran pembuluh darah)
 5. Heart infarct (serangan jantung karena penyumbatan pembuluh darah)
 6. Coronair insufficiency (gangguan aliran pembuluh darah jantung)
 7. Asthma Bronchiale (bengek asthma) penyakit asthma tidak akan kambuh kalau teratur makan bekatul (2 x 1 sdm munjung)
 8. Cirrhosis Hepatis (memperbaiki fungsi hati)
 9. Rheumatic (encok)
 10. Libido (gairah sex) laki-laki yang menurun
 11. Gejala sering sakit kepala,sering pusing pada tekanan darah rendah
 12. Gejala ’sering berdebar jantung’ dan ’extrasystole’
 13. Rasa pegal pada otot
 14. Mengatasi gangguan pada pencernaan
 15. Obstipasi (sembelit), susah buang air besar
 16. Peningkatan pada daya tahan fisik (ausdauer)
 17. Pencegahan kanker colon (usus besar)
 18. Besedov hyperthyroid ( penyakit kelenjar gondok yang bekerja berlebihan)
 19. Penuaan dini
 20. Obesitas (kegemukan),3 X 2 sdm munjung
 21. Mengatasi haid yang tidak teratur disertai rasa sakit
 22. Meningkatkan kesuburan pada pria dan wanita
 23. Kista Ovarium (indung telur)

 Dosis dan Pemakaian :
 1 sdm (sendok makan) munjung +/- 15gram
 Untuk menjaga kesehatan (maintenance) :
 2 sdm munjung/hari, 2 x 1 sdm munjung atau 1 x 2 sdm munjung/hari

 Untuk Pengobatan :
 2 - 6 sdm munjung/hari, dimulai dengan 2 x1 sdm munjung, mungkin dosis ini sudah cukup, periksa hasilnya sesudah makan bekatul 2-3 minggu, jika dengan dosis tersebut tidak memberikan hasil tingkatkan dosisnya menjadi : 3 x 1 sdm munjung,2 x2 sdm munjung, atau 3 x 2 sdm munjung/hari.

 Cara Pemakaian :
 • Dicampur dengan air panas (air termos) 1 – 1,5 gelas, tambahkan gula/madu,dapat juga dicampurkan dengan susu, dll
 • Untuk penderita diabetes, gunakan gula obat atau tanpa apa apa

 Komposisi : Kulit Ari Beras


Berat : 200 gram
Langsing dengan Bekatul

Itu merupakan judul utama Tabloid CANTIQ edisi 148 - 1 Juni 2010 yang baru terbit awal bulan ini. Selain manfaatnya yang sangat besar untuk membantu penyembuhan beberapa penyakit, seperti: Asma, penyakit jantung, kencing manis (diabetes mellitus), hiperkolesterol, hipertensi, gondok (hipertiroid), dan lain-lain; bekatul juga sangat bermanfaat untuk melangsingkan tubuh. Menurut Prof. dr. Bambang Wirjatmadi, MS, MCN, PhD SpGK (Nutritionist), bekatul sangat baik untuk melangsingkan tubuh karena mengandung banyak serat dan vitamin yang memberikan efek kenyang cukup lama. Akibatnya, setelah mengonsumsi bekatul tidak ada keinginan untuk ngemil. Dan, tidak hanya kaya serat bekatul juga rendah kalori, sehingga tidak akan menambah persentase asupan kalori dalam tubuh. Dicontohkan artis Olga Lidya (34) adalah salah satu yang menjalankan diet bekatul karena pengaruh orang tuanya yang berasal dari Jombang yang menjadikan bekatul sebagai menu sarapan keluarga. Olga merasakan sendiri manfaat bekatul, yakni tubuhnya terasa lebih bugar, jarang sakit dan bisa menjaga berat badannya. Olga yang lahir 4 Desember 1976 itu pun memberikan resep bekatul yang menjadi menu sarapannya. "Caranya, dua sendok bekatul dimasukkan ke dalam gelas, dicampur susu bubuk atau moca, kemudian dituang air panas. Setelah tercampur, tambahkan sedikit air dingin, baru diminum." Jika ingin rasa lain, lanjut Olga, bisa ditambahkan coklat atau sedikit madu. Dr. Soebagijo Adi, SpPD KEMD yang juga Staf Senior Departemen Internist-Endokrin-Diabetes menegaskan bahwa campuran bekatul sebagai makanan atau minuman boleh dilakukan agar enak dikonsumsi. "Boleh saja dimakan bersama buah-buahan atau sayuran, asalkan tidak sampai merusak kandungan nutrisinya." Senada dengan dr. Soebagijo, dr. Bambang juga menyarankan agar memerhatikan cara mengonsumsi bekatul. Untuk diet menurunkan berat badan, sebaiknya bekatul tidak dikonsumsi bersama makanan yang memiliki nilai kalori tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar